banner

Rabu, 05 Februari 2020

author photo


Terlepas dari banyaknya artikel yang sudah membahas ini diluaran sana.

Melalui tulisan singkat ini, kami ingin berbagi beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk menjadi Copywritter handal dan dicari oleh banyak klien.
Owh ya, jika anda belum membaca tulisan kami tentang Copywriting, silahkan baca disini.
1. Memahami Apa Sebenarnya Copywriting Dan Dari Mana Datangnya
Bagi kebanyakan orang, copywriting mirip dengan fungsi kreatif. 
Dan meskipun ini mungkin benar dalam beberapa kasus, copywriting tidak, dan tidak pernah menjadi satu-satunya bidang industri kreatif. 
Copywriting telah ada selama manusia memiliki peradaban. 
Jika ini mengejutkan, kemungkinan karena copywriting sendiri merupakan konsep yang disalahpahami. 
Copywriting memiliki satu, dan hanya satu, tujuan: Untuk menjual
Copywriter dalam bisnis penjualan. Tapi itu bukan hanya produk dan layanan yang kami jual. Kami menjual ide, aspirasi, orang, organisasi, merek, agama, kepemimpinan, emosi, keunggulan, perubahan, kekuasaan, dan mungkin ideologi yang paling penting. 
Untuk lebih memahami dampak copywriting, ada baiknya melihat sejarah.
Sekitar pertengahan 1930-an, seorang pria di Jerman naik ke mikrofon dan mulai menjual gagasan superioritas Arya dan dominasi ras unggul. 
Dia menjual ideologi ini dengan sangat baik sehingga anak laki-laki dan perempuan berusia 17 tahun (manusia biasa) mengangkat senjata melawan tetangga-tetangga Yahudi mereka dan dalam waktu kurang dari setengah dekade, mengambil sebuah benua, kemudian sebuah planet, untuk berperang. 
Sampai, sekitar awal 1940-an, seorang pria lain naik ke mikrofon di Selat Inggris dan mulai menjual ideologi demokrasi, kebebasan, kebebasan dari tirani - dan berhasil memobilisasi suatu negara, diikuti oleh aliansi, menuju kemenangan akhir - dan kemudian memenangkan Hadiah Nobel untuk Sastra. 
Sangat menarik untuk melihat sejarah melalui kacamata komunikasi karena kita menyadari bahwa Perang Dunia II (dan setiap perang dalam hal ini) bukanlah pertempuran senjata, bom, dan tank. 
Bahwa' Itulah yang digunakan untuk berperang. Tapi ini adalah pertarungan ideologi, dan siapa pun yang bisa menjualnya lebih baik. Ya, Hitler dan Churchill (dan semua tokoh besar kekuasaan sepanjang sejarah) adalah copywriter.
Lebih dekat ke zaman kita; pada tahun 2008 Amerika terlibat dalam perang. McCain seharusnya menjadi kandidat yang sempurna - dan memang dia baik-baik saja. 
Seorang veteran perang Vietnam, seorang senator, latar belakang yang terhormat, catatan layanan yang terhormat. Tetapi Obama dengan ideologinya tentang PERUBAHAN, HARAPAN, PERCAYA, yang memenangkan pemilihan. 
Sekarang hampir semua orang telah mendengar tentang Obama. 
Mungkin yang kurang terkenal adalah tokoh kunci keberhasilan Obama - Jon Favreau (bukan aktor) penulis pidato Obama. 
Jon bertanggung jawab atas banyak pidato terbaik Obama yang memenangkan sebuah negara. Jon Favreau menggunakan alat copywriting untuk memenangkan pemilihan presidennya. 
Bahkan lebih dekat dengan kita sekarang adalah ancaman ISIS. Dunia telah menghadapi banyak ancaman teror di masa lalu tetapi ISIS memiliki arti khusus bukan karena mereka selalu lebih buruk atau lebih baik, tetapi karena ideologi yang mereka jual. 
Ini adalah kasus klasik dalam menggunakan alat untuk tujuan negatif. Tapi itu yang membuat pakaian seperti itu berbahaya. 
Mereka menjual ideologi dengan sangat baik - dan sayangnya banyak orang yang membelinya. Ini hanya beberapa contoh bagaimana copywriting telah mengubah dunia, dan masih melakukannya. 
Karena ini adalah alat yang sangat kuat, industri kreatif menangkapnya (sekitar tahun 1950-an dengan David Ogilvy) dan menguraikan alat yang luar biasa ini ke dalam iklan. 
Saat itu tidak disebut 'copywriting'. 
Beberapa istilah yang diberikan adalah retorika dan persuasi. Agen periklanan dari tahun 50-an emas akhirnya menemukan cara mereka untuk menggunakan istilah 'copywriting'. 
Jadi, ketika Anda menjadi copywriter, ingat, Anda tidak hanya menayangkan iklan. Anda adalah bagian dari orang kaya, berkuasa,
2. Copywriting Jauh Lebih Dekat dengan Sains
Tujuan copywriting adalah untuk menjual. 
Itu dia. 
Melakukan penjualan berarti memengaruhi pikiran konsumen. Dan itulah sifat sebenarnya di balik copywriting. 
Tugas kita bukan untuk mengesankan, atau mengekspresikan. Ini untuk dijual. 
Dan untuk itu kita perlu memengaruhi pikiran orang agar mereka membeli. Ini adalah psikologi konsumen yang terbaik. 
Untungnya, aturan pikiran hampir sama, terlepas dari ras, agama, latar belakang, budaya, dan bahasa. Itu berarti kita mengikuti aturan, metode, dan formula terstruktur untuk memengaruhi pikiran. 
Tanpa terlalu banyak membahas (ini merupakan bagian yang agak besar dari bengkel yang saya ajarkan dan saya tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu Anda) copywriter dilatih untuk memahami jiwa manusia dan keyakinan untuk melakukan pembelian. 
Tidak ada yang akan benar-benar menyebutnya seni.
3. Copywriting Adalah Desain, Bukan Seni
Apa perbedaan antara desain dan seni?
 Seni adalah ekspresi atau pendapat pribadi. Ini adalah pendapat pencipta karya itu. 
Jika kita suka ekspresi, baik dan bagus. Jika tidak, artis tidak akan mengubahnya. Itu seperti meminta JK Rowling untuk mengubah nama dari Harry menjadi William, hanya karena Pangeran William mungkin dianggap lebih tampan. 
JK tidak akan mengubah nama pahlawannya hanya karena seseorang lebih suka sesuatu yang lain. Jika seseorang tidak menyukai buku itu, sulit. 
Baca yang lain. Itu seni. 
Desain, di sisi lain adalah bentuk + fungsi. 
Dengan kata lain, desain membutuhkan tujuan dan tujuan itu harus dipenuhi. Untuk memahami desain, bentuk, dan fungsi, ambil contoh remote control. 
Ini mungkin remote yang terlihat benar-benar seksi dengan logam paling keren, tombol lembut, cantik untuk disentuh, tahan, dan lihatlah. 
Tapi ... jika kendali jarak jauh sangat buruk dalam mengendalikan TV Anda, atau sangat sulit untuk mengubah saluran, maka itu adalah desain yang buruk. 
Ini karena Fungsi remote adalah untuk mengontrol TV. 
Tidak peduli seberapa hebat tampilannya atau rasakan ( bentuknya) jika suatu perangkat tidak menjalankan fungsinya itu dianggap desain yang buruk. 
Inilah sebabnya, dalam pemikiran desain, kata pepatah - Function Follows Function. 
Fungsi datang pertama, lalu bentuk. 
Kita dapat memiliki keindahan dan estetika tetapi ini seharusnya tidak menghalangi fungsi. Copywriting adalah tentang desain karena memiliki tujuan - untuk menjual. 
Jika salinan Anda benar-benar lembut atau deskriptif, atau penuh dengan kata dan frasa agar terdengar seksi dan menarik, itu tidak masalah. 
Tetapi jika faktor ini menghalangi fungsinya - untuk menjual - maka itu hanyalah salinan yang buruk. Keuntungan dari hal ini adalah fokus pada penjualan. 
Itulah fungsi copywriting.
Anda dapat mempercantik teks nanti jika itu menambah atau mendukung penjualan, tetapi kecantikan seharusnya tidak pernah menghalangi penjualan. 
Inilah sebabnya mengapa kadang-kadang kita dapat menonton video hebat atau iklan lucu di TV, tertawa, terkesan, tetapi nanti tidak bisa seumur hidup kita mengingat apa produk itu. 
Itu gagal menyalin karena itu gagal desain.
4. Copywriting Is About Curiosity
Sejauh ini saya telah memberikan beberapa pertimbangan teoretis. 
Ada banyak lagi, tetapi saya akan memberi Anda terlalu banyak detail, dan sebagai gantinya memberi Anda dua tips praktis. 
Yang pertama adalah copywriting tentang keingintahuan
Dengan sendirinya, copywriting adalah alat. 
Seperti palu. Itu tidak terlalu menarik dengan sendirinya, sampai digunakan untuk membangun sesuatu. Kemudian keajaiban terjadi. 
Yang berarti, menjadi copywriter hebat berarti ingin tahu tentang topik yang akan Anda gunakan untuk copywriting. 
Dan bukan copywriting itu sendiri. 
Karena itu untuk mempelajari copywriting dengan cepat dan untuk jangka panjang, pikirkan masalah dan topik yang ingin Anda jual. 
Ingat, ini bisa berupa produk dan layanan, tetapi juga orang, organisasi, ide, agama, emosi, filosofi, dan ideologi. 
Jadi pilih topik yang benar-benar menarik minat Anda, kemudian cobalah untuk menjual seseorang berdasarkan sudut pandang Anda. 
Anda dapat melakukan ini secara lisan atau melalui media tertulis. 
Tapi idenya di sini adalah melampaui meyakinkan seseorang tentang maksud Anda, dan membuat mereka setuju. 
Lakukan ini beberapa kali dan Anda akan melihatnya akan membuat perbedaan besar. Itu tip praktis pertama.
5. Copywriting Is About Everyday Settings
Kiat praktis kedua yang akan saya berikan kepada Anda benar-benar hebat untuk memulai copywriter baru, dan saya mendorong semua pembaca untuk melakukan ini. 
Kita kebetulan hidup di dunia junk mail. 
Berapa banyak barang yang dihapus dari perangkat kami dan dibuang dari kotak surat kami. Tapi di sinilah Anda bisa membuat perbedaan. 
Pegang hanya satu dari junk mail ini. 
Alih-alih membuangnya, tanyakan pada diri Anda mengapa itu sampah. Apakah itu cara penulisan? 
Apakah terlalu berantakan dengan kata-kata, atau tipografi yang buruk, atau hanya tidak jelas apa nilai jualnya? 
Setelah selesai menganalisis bagian ini, tulis ulang pesan untuk brosur atau brosur itu. Terapkan aturan copywriting yang telah Anda pelajari sejauh ini (dari sumber di sini, atau Anda dapat PM saya dan saya akan senang untuk berbagi lebih banyak). 
Tulis ulang seluruh bagian sebagai dokumen copywritten. Kemudian, kirimkan kembali ke perusahaan yang membuat selebaran itu, dengan pujian Anda. 
Lakukan ini cukup kali, dan coba tebak? 
Pertama, Anda mungkin mendapatkan pekerjaan sebagai pekerja lepas dari perusahaan yang bersyukur yang tidak pernah melihat tindakan keahlian dan amal ini datang. 
Kedua, bahkan jika tidak ada yang memberi Anda ucapan terima kasih atas usaha Anda, jangan berkeringat. Lakukan sepuluh proyek mandiri ini, dan booming! 
Anda punya sendiri portofolio. 
Dan bukan hanya portofolio berbasis pekerjaan spesifik, tetapi koleksi jaminan kehidupan nyata yang telah Anda upayakan untuk menjadi lebih baik. Sekarang ketika Anda melamar pekerjaan itu ke biro iklan, bayangkan kekuatan pitch Anda dan pendekatan untuk copywriting. 
Beberapa pembaca telah melihat hasil yang luar biasa dari tip kecil ini yang bekerja dengan sangat baik. Anda mungkin mendapatkan pekerjaan sebagai pekerja lepas dari perusahaan yang bersyukur yang tidak pernah melihat tindakan keahlian dan amal ini datang. 
Kedua, bahkan jika tidak ada yang memberi Anda ucapan terima kasih atas usaha Anda, jangan berkeringat. Lakukan sepuluh proyek mandiri ini, dan booming! 
Anda punya sendiri portofolio. Dan bukan hanya portofolio berbasis pekerjaan spesifik, tetapi koleksi jaminan kehidupan nyata yang telah Anda upayakan untuk menjadi lebih baik. Sekarang ketika Anda melamar pekerjaan itu ke biro iklan, bayangkan kekuatan pitch Anda dan pendekatan untuk copywriting. Beberapa siswa saya telah melihat hasil yang luar biasa dari tip kecil ini yang bekerja dengan sangat baik. 
Anda mungkin mendapatkan pekerjaan sebagai pekerja lepas dari perusahaan yang bersyukur yang tidak pernah melihat tindakan keahlian dan amal ini datang. Kedua, bahkan jika tidak ada yang memberi Anda ucapan terima kasih atas usaha Anda, jangan berkeringat. Lakukan sepuluh proyek mandiri ini, dan booming! Anda punya sendiri portofolio. 
Beberapa siswa saya telah melihat hasil yang luar biasa dari tip kecil ini yang bekerja dengan sangat baik.
6. Akhirnya, Copywriting Adalah Interdisipliner
Ini adalah tip pendek, sederhana, dan istimewa. 
Menjadi copywriter yang hebat berarti menjadi ahli dalam pemikiran interdisipliner. 
Ini berarti membaca dan belajar Anda melampaui hanya menyalin blog dan buku desain. 
Bacalah buku-buku Kalkulus untuk mempelajari bagaimana Rasio Emas (1: 1.618) memengaruhi persepsi desain, mulai dari Mona Lisa, Manusia Vitruvian, dan The Parthenon di Athena, hingga cangkang siput, galaksi, dan tubuh manusia. 
Baca bagaimana sub-sadar selalu mempertahankan 100% dari segalanya dan mengapa pesan bawah sadar berhubungan dengan itu. 
Baca tentang bagaimana fisika mata menentukan di mana penempatan logo dan olahpesan ditempatkan (chunking dan 24 fps). 
Kunjungi situs web NASA untuk melihat mengapa gambar mendorong keterlibatan lebih dari apa pun yang dapat dihasilkan oleh kata tertulis. 
(Teaser: dalam copywriting, bagian 'menulis' dalam copywriting sangat menipu). 
Berbicaralah dengan orang-orang dari berbagai kalangan. Buat kata-kata yang lebih kecil dari yang lebih besar dalam perjalanan pulang. Eja mundur. 
Bermainlah dengan kehidupan di sekitar Anda. Dan yakinlah bahwa apa yang Anda lakukan akan memberi Anda kemampuan untuk membuat penyok yang nyata di alam semesta.
Ada jauh lebih banyak tetapi saya pikir ini dapat membantu sebagai permulaan. Semua yang terbaik. Dunia membutuhkan copywriter yang luar biasa.

Jika anda ingin tahu bagaimana kami menerapkan copywriting pada setiap tulisan kami, silahkan baca salah satu blog kami, SEOPreneur Indonesia.
your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Themeindie.com